Cara Ampuh Install Windows Bebas Virus

Cara Ampuh Install Windows Bebas Virus

Jumpa lagi kawan Blogger. Kali ini saya coba share tentang Cara Ampuh Install Windows Bebas Virus. Saya menulis artikel ini mengingat masih banyak saya jumpai Teknisi atau pengguna awam yang mengistall windows asal-asalan. Karena kebanyakan orang berpikir setelah Install ulang windows maka semua virus akan hilang. Padahal sebenarnya tidak demikian. Mengapa demikian...?? Mari kita bahas terlebih dahulu sedikit mengenai Sistem Operasi Windows.

Windows merupakan salah satu Sistem Operasi yang sangat populer. Pengguna komputer awam kebanyakan lebih dulu mengenal Windows dari pada Sistem operasi yang lainnya. Namun salah satu kekurangan Windows yang paling sering mengakibatkan ERROR pada sistem adalah rentan terhadap virus. Sehingga banyak berjamuran Antivirus baik yang gratisan maupun berbayar.

Virus merupakan sebuah program yang sengaja di buat untuk merusak atau memanipulasi file sistem pada komputer. Virus dapat menyusup ke dalam direktori maupun file. Sehingga apabila ada direktori atau file yang sudah terinfeksi virus, maka ketika di buka akan mengeksekusi virus tersebut.

Jika kita install ulang Windows dan partisi ulang harddisk, sudah pasti komputer kita 100% aman dari virus. Nah, ketika kita install windows tanpa pertisi ulang harddisk, tentunya yang akan kita format adalah partisi yang berisi file sistem windows saja, misal partisi C saja. Otomatis partisi selain C tidak ikut di format. Nah, dalam partisi tersebut yang masih terdapat virus dan berpeluang menularkan virus ke partisi sistem.

Untuk itu, saya punya beberapa tips agar virus tersebut tidak kembali merusak file sistem Windows.

  1. Setelah komputer selesai di install, usahakan jangan dulu buka data pada partisi manapun termasuk partisi C.
  2. Usahakan setelah install windows, selanjutnya install antivirus. Saya rekomendasikan menggunakan minimal 2 jenis antivirus. Satu antivirus buatan lokal dan yang satunya lagi antivirus buatan luar. Saya biasa gunakan Smadav dan Avira. Terserah mau pake yang mana.
  3. Kemudian setelah antivirus dinstall, scan terlebih dahulu partisi selain partisi sistem. Misalnya kalau ada 3 partisi, scan partisi D dan E. Scan dengan dua antivirus tadi.
  4. Setelah selesai di scan barulah anda bisa akses data anda secara keseluruhan.
  5. Saya rekomendasikan menggunakan software utility seperti TuneUP, Advanced Systemcare, CCleaner, dll untuk maintenance sistem operasi. 
Mungkin kebanyakan orang menganggap sepele perawatan dari sisi software, padahal sangat memengaruhi kinerja komputer. Mungkin sekian yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini, dan pastinya masih terdapat banyak sekali kekurangan di dalamnya. Jadi kiranya kawan-kawan blogger bisa memberikan masukan atau tambahan pada kolom komentar dibawah. Sampai jumpa di artikel berikutnya, semoga artikel  Cara Ampuh Install Windows Bebas Virus ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.


Related Posts:

0 Response to "Cara Ampuh Install Windows Bebas Virus"

Posting Komentar